Wednesday, 28 November 2012

BORE UP "HONDA LEGENDA" 173 CC ( piston Tiger )





Dalam dunia Drag Bike ,motor bebek "Legenda" mungkin hanya menempati kelas 4 tak 110 cc ,tapi bagaimana jadinya kalau motor bebek itu masuk kelas 4 tak 150 cc . Mungkinkah ? Pasti bisa! Mari kita kupas tuntas.



Honda Legenda akan dijejali piston berdiameter 63 mm ,pada blok cylinder dan cylinder cop milik Mocin Garuda 110 cc. Panjang total blok cylindernya 78 mm.
Konsekuensinya dua lubang dari keempat lubang bagian atas digeser naik 6 mm untuk memberi ruang makin membesarnya diameter linier cylinder yang kini menjadi 66 mm. Begitu juga dengan dua lubang bagian atas cylinder cop ,ikut dinaikan 6 mm. Hasilnya, lubang bagian atas lepas dari daging diral cylinder. Sebagai gantinya dapat memakai daging diral buatan yang dibor ulang. Agar dudukan sate kuat menopang cylinder cop, saat pengelasan digunakan umpan diral crank case.

Pembenahan dudukan katup juga dilakukan, titik bushing katup in dinaikan 9 mm dan titik bushing katup ex dinaikan 2 mm. Peluang menaikan katup ini juga diteruskan dengan penggantian katup dengan kepala 31 mm dan katup buangnya memakai 25,8 mm. Apabila ukuran diameter kepala katupnya tidak baku dan bisa diganti, asal titik bushingnya tetap berada pada toleransi tapet atau setelan katup.

Diameter dalam crank case juga dijadikan 67 mm. Perubahan posisi kedua baut dudukan blok cylinder dan cylinder cop sama dengan blok cylinder dan cylinder cop. Hanya dua baut bagian atas  yang dinaikan 6 mm. Dari segi kelayakan mekanis mesin memang akan menambah beban gesek dinding piston bagian bawah, sebab dipastikan cylinder jatuhnya lebih di atas dengan kemiringan 20 derajat. Gaya off set piston jadi kurang sempurna. Tak masalah hal ini juga disebabkan keterbatasan bahan part.


Bagaimana dengan nasib rantai camrat dengan posisi blok cylinder lebih ke atas ? Karet roll sebagai tensioner rantai camrat harus mengaplikasi milik Honda C-90 dengan diameter lebih besar agar tegangan yang dihasilkan tetap stabil.
Sampai sejauh ini problem di blok cylinder dan cylinder cop masih nol ,artinya riset dan eksperimen tergolong sukses.


Belum selesai ! Karena di bagian as kruk juga perlu dilakukan riset. Sebenarnya stroke Legenda yang cuma 49,5 mm dijadikan 55,5 mm,tapi tak melewat big end. Tipsnya ringkas ,langsung ganti dengan as kruk Honda Blade. Diameter total daun as kruknya 96 mm sementara punya legenda hanya 91 mm. Sirip crank case juga wajib dibabat habis dari jarak 48 mm keliling yang tersentral pada rumah bearing as kruk. Sipnya ,bobot as kruk Blade lebih unggul ,totalnya 1,95 Kg.

Masalah rumah bearing yang ada di as kruk mesti dijadikan 25 mm dari standartnya 22 mm, untuk mengikuti bearing as kruk Blade yang memakai jenis 6205 sama seperti yang dipakai F1Z dan Kaze. Jumlah peloran atau ball race ada 9, padahal standart Legenda cuma 7 biji. Dari segi vibra, ball race  lebih banyak lebih banyak paling halus. Dari segi efisiensi gesek peloran 7 lebih bagus. Tapi kalau motor bore up ,as kruk wajib tahan dihajar kompresi ekstrim kapasitas mesin yang menjadi 172,9 cc. Jadi bisa dikesampingkan masalah efisiensi geseknya.
Sekarang balik ke permasalahan dudukan komponen, sisi kiri as kruk Blade diameter nya 77 mm dan mesti dijadikan 73,5 mm mengikuti rotor motor magnet Legenda. Dari sisi panjangnya ,as kruk kiri Blade lebih pendek 4 mm. Sehingga ,rangkaian spul juga perlu digeser maju 4 mm.

Itulah cara mudah dan murah merubah motor Honda Legenda sama kencangnya  dengan Suzuki Satria F. Hanya dengan uang 2.5 - 4 juta !!
Bereksperimen lah dengan motormu !!

27 comments:

  1. jadi brapa cc tuh gan ?kalo supra 100 pake block nya mocin ?sekher sonic ?askruk blade gimana ?oke gk kira"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi tembus jadi 173 CC , oke-oke saja sebenarnya ,tapi butuh riset lebih lanjut, ngukur ulang ,supaya engga jebol tu mesin :D ada dua kemungkinan kalau tidak diriset lg ,yaitu mesin jebol or mesin gak hidup sama sekali :D

      Delete
    2. Bang itu pak silinder kopnya pakek punya apa

      Delete
  2. kasih tutorial bore up yang 150cc buat si c100 dong gan,, pokognya yang aman buat harian da touring...
    Di tunggu yaa... hehehe.. :D

    ReplyDelete
  3. apa motor tidak menjadi boros? seboros tiger

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kapasitas ruang bakar bertambah pasti lah bahan bakar menjadi boros :D

      Delete
    2. mau nanya ni bg, klo langkah piston uda naik , otomatis kan langkah piston sama noken as kn berubah uda gk kaya stndartnya lagi, itu caranya gimana bg, klo misalnya rubah noken as bagi tips nya ya bg. :) TERIMA KASIH

      Delete
  4. agak ribet mas kalo bikin kaya gini mending ubah tiang 4 nya aja tanpa rubah pompa oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas masukannya, kita akan melakukan riset lagi atas masukannya :D

      Delete
  5. waq supra pakai blok skorpio 225 cc bisa tak ?

    ReplyDelete
  6. itu kan buat drag..klo buat grasstrack,,tahan gk tuh mesin nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak kuat gan mesinnya, untuk grasstrack lebih membutuhkan ketahanan karena jalur/trek yang panjang dan berat

      Delete
  7. gan , motor ane astrea star , mau ganti kruk as yg 55,5mm , dan bore up 54mm. kira'' apa aja yg perlu diperhatikan gan ,apakah ada yg lain yg harus di robah ..?? Trus mau pakai cdi BRT , tapi motor ane udah drag gak pakai batere lagi , apa bisa gan...??
    Mohon penjelasannya...!!!

    ReplyDelete
  8. gan motor mocin bisa gak di jadiin motor drag

    ReplyDelete
  9. Berapa semua biayanya gan ?

    ReplyDelete
  10. Berapa semua biayanya gan ?

    ReplyDelete
  11. Mkch mss ....
    Mtor bbk sy dh bore up full

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya motor saya legenda mau pake piston Sonic ov 200 rencana mau pake liner Jupiter Noken as pake apa kalo katupnya pake Sonic .itu gampang jebol apa tidak butuh saran thank

    ReplyDelete
  13. mas tutor nya dong serta jumlah total biayanya

    ReplyDelete
  14. mas punya ku as kruk langka 55,6 trs make seker vario 150 kamprat pake c90 trs pake paking 2mili noken cam ntah lift berapa blok mengunakan supra fit new, kira kira ketemu cc berapa mas

    ReplyDelete
  15. Bengkelnya daerah mana gan?

    ReplyDelete
  16. Salam nafas tua berjiww muda

    ReplyDelete

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih