Monday 31 December 2012

PENYEBAB MESIN MOTOR BERASAP TEBAL

Pernahkah melihat motor saat melintas mengeluarkan asap tebal dari knalpot ? ada yang berwarna hitam legam atau putih. Rata-rata motor dengan umur lima tahun keatas yang mengalami masalah seperti ini, tidak menutup kemungkinan motor baru dari pabrik juga mengalaminya karena ada kesalahan dalam perakitan. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas.

1.      Liner cylinder lecet
Liner cylinder merupakan komponen yang terdapat  dibagian blog mesin. Bagian ini melindungi  bagian dalam cylinder blok dari gesekan piston. Gerakan piston yang maju-mundur atau naik-turun bisa menyebabkan goresan atau lecet pada liner cylinder. Goresan  itu menjadi celah oli mesin untuk masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya oli masuk dan terbakar. Terbakar menjadi asap pekat.
2.      Piston dan Ring Piston aus
Piston yang kurang baik dapat menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran. Itu bisa terjadi karena piston mengalami keretakan. Ring piston ada dua jenis. Ada ring kompresi dan ring oli. Ketika ring mengalami keausan akibat factor usia atau kurang perawatan ,itu membuat oli rembes ke ruang bakar.
3.      Seal klep bermasalah
Piranti ini berfungsi untuk mengendalikan gas buang dan masuk ruang bakar yang akan bercampur dengan bahan bakar yang telah disemburkan dari karbuator atau injector. Apabila seal klep atau bahkan klep itu sendiri rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes keruang bakar. Akibatnya rembesan oli ikut terbakar saat proses pembakaran dan menimbulkan asap pekat dari knalpot.
4.      Volume oli yang berlebihan
Penggunaan oli mesin yang berlebihan akan membuat rawan oli masuk keruang pembakaran. Terutama disaat mesin sudah panas dan oli semakin encer. Sama seperti kasus sebelumnya, oli masuk ke ruang bakar, membuat asap pekat dari knalpot.

12 comments:

  1. Kalau untuk 2 tak ko bisa mengeluarkan asap. ?
    Apa oli samping yang tercampur dengan bensin masuk ke ruang pembakaran sehingga mengeluarkan asap. ?
    Nah kalau untuk tarikanya sendiri lebih kuatan 2 tak apa 4 tak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar ,pada motor 2tak oli samping sebagai pelumas piston ikut terbakar pada saat mesin bekerja sehingga menimbulkan asap pada saat pembakaran.
      Motor 2tak memiliki tarikan yang lebih mantap ketimbang motor 4tak karena hanya ada 2 gerakan piston dalam sekali proses pembakaran, sehingga tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar namun juga lebih boros dalam bahan bakar.

      Delete
    2. kalau motor saya ngasapnya sudah sampai mengeluarkan oli dari knalpot,jenis motor kawasaki zx130,pongkas+ganti piston sudah dilakukan,skur klep+pergantian sil juga sudah di lakukan,kira2 apanya ya gan,saya sudah bingung???mohon petunjuk

      Delete
    3. kalau sudah melakukan tindakan penggantian seperti yang agan lakukan mestinya tidak ada masalah dalam pembakaran. mungkin masih ada celah kecil sehingga pembakaran kurang sempurna dan mengeluarkan asap.

      Delete
    4. Boss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss

      Delete
    5. Boss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss

      Delete
    6. Boss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss

      Delete
  2. thx info nya bisa belajar banyak nih dari post nya :D

    judi bola online terbesar

    ReplyDelete

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih