Pernahkah melihat motor saat melintas mengeluarkan asap
tebal dari knalpot ? ada yang berwarna hitam legam atau putih. Rata-rata motor
dengan umur lima
tahun keatas yang mengalami masalah seperti ini, tidak menutup kemungkinan
motor baru dari pabrik juga mengalaminya karena ada kesalahan dalam perakitan.
Untuk lebih jelasnya mari kita ulas.
1. Liner
cylinder lecet
Liner cylinder merupakan komponen yang
terdapat dibagian blog mesin. Bagian ini
melindungi bagian dalam cylinder blok
dari gesekan piston. Gerakan piston yang maju-mundur atau naik-turun bisa
menyebabkan goresan atau lecet pada liner cylinder. Goresan itu menjadi celah oli mesin untuk masuk ke
ruang pembakaran. Akibatnya oli masuk dan terbakar. Terbakar menjadi asap
pekat.
2. Piston
dan Ring Piston aus
Piston yang kurang baik dapat menyebabkan
oli masuk ke ruang pembakaran. Itu bisa terjadi karena piston mengalami
keretakan. Ring piston ada dua jenis. Ada ring kompresi dan ring oli. Ketika
ring mengalami keausan akibat factor usia atau kurang perawatan ,itu membuat
oli rembes ke ruang bakar.
3. Seal
klep bermasalah
Piranti ini berfungsi untuk mengendalikan
gas buang dan masuk ruang bakar yang akan bercampur dengan bahan bakar yang
telah disemburkan dari karbuator atau injector. Apabila seal klep atau bahkan
klep itu sendiri rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes keruang
bakar. Akibatnya rembesan oli ikut terbakar saat proses pembakaran dan
menimbulkan asap pekat dari knalpot.
4. Volume
oli yang berlebihan
Penggunaan oli mesin yang berlebihan akan
membuat rawan oli masuk keruang pembakaran. Terutama disaat mesin sudah panas
dan oli semakin encer. Sama seperti kasus sebelumnya, oli masuk ke ruang bakar,
membuat asap pekat dari knalpot.
Kalau untuk 2 tak ko bisa mengeluarkan asap. ?
ReplyDeleteApa oli samping yang tercampur dengan bensin masuk ke ruang pembakaran sehingga mengeluarkan asap. ?
Nah kalau untuk tarikanya sendiri lebih kuatan 2 tak apa 4 tak
iya benar ,pada motor 2tak oli samping sebagai pelumas piston ikut terbakar pada saat mesin bekerja sehingga menimbulkan asap pada saat pembakaran.
DeleteMotor 2tak memiliki tarikan yang lebih mantap ketimbang motor 4tak karena hanya ada 2 gerakan piston dalam sekali proses pembakaran, sehingga tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar namun juga lebih boros dalam bahan bakar.
kalau motor saya ngasapnya sudah sampai mengeluarkan oli dari knalpot,jenis motor kawasaki zx130,pongkas+ganti piston sudah dilakukan,skur klep+pergantian sil juga sudah di lakukan,kira2 apanya ya gan,saya sudah bingung???mohon petunjuk
Deletekalau sudah melakukan tindakan penggantian seperti yang agan lakukan mestinya tidak ada masalah dalam pembakaran. mungkin masih ada celah kecil sehingga pembakaran kurang sempurna dan mengeluarkan asap.
DeleteBoss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss
DeleteBoss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss
DeleteBoss aku punya motor 2 tak kalau distar pagi pemanasan asapnya bukan main tebalnya sepeti mesin Foging sampe malu diejekin sama anak ibu2 apa masalahnya ya...dan gmna cara menatasinya Tank boss
Delete:)
ReplyDelete:)
ReplyDelete:)
ReplyDeleteselamat berkunjung :)
Deletethx info nya bisa belajar banyak nih dari post nya :D
ReplyDeletejudi bola online terbesar