Saturday 10 November 2012

CARA / TRIK MEMBUAT MOTOR KENCANG



CARA / TRIK MEMBUAT MOTOR KENCANG

Semua bikers pasti menginginkan motornya kuat ,bandel ,gesit dan kencang larinya. Tapi untuk mendapatkan motor dengan kekuatan dan akselerasi yang mantab pastilah membutuhkan biaya yang tidak murah untuk memodifikasi ,baik bore up maupun tune up.

Memodifikasi motor untuk mendapatkan performa tinggi bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang lumayan murah. Akan tetapi apabila masih ragu ,para bikers dapat membawa motor kesayangan ke bengkel langganan.

1.      Karbulator
Kalau ingin motor kencang bisa digunakan alternative mengganti karbulator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya. Kalau ingin lebih murah ,bisa dengan mengganti spuyer saja dengan ukuran lebih besar juga dr standarnya. Motor bawaan pabrik respon awalnya sangat galak tapi untuk ngebut sangat sulit ,itu disebbkan spuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin ke dapur pacu kurang maksimal. Penggantian spuyer juga jangan asal-asalan ,bukan kencang lari motor kita ,malah tersendat-sendat atau mbrebet.

2.      System Pengapian
Perombakan di system pengapian dapat dilakukan dengan mengganti CDI standart dengan CDI Racing. Sudah banyak CDI Racing beredar dengan berbagai merek ,produk luar dan dalam negeri dipasaran. System pengapian dapat diganti dengan menggeser pengapian. Menggeser pengapian dilakukan dengan caramelepas bagian magnet dan menggeser pulser  dengan cara mencoak lubangnya.

3.      Camsaft / Noken As
Bagian ini sangat berperan penting terutama untuk motor 4tak sedangkan untuk mesin 2tak ditentukan oleh porting. Noken As berfungsi untuk mengatur  keluar masuknya bahan bakar yang akan diproses  di dapur pacu sehinga menghasilkan power pada mesin. Bagian ini sangat sensitive ,apabila salah korek ,motor gak bisa lari !! bikers dapat mengganti bagian ini dengan Noken As Racing atau dengan membubutnya.


4.      Knalpot
Knalpot merupakan bagian pembangan mesin. Penggunaan knalpot standart akan menghambat jalur keluar gas hasil pembakaran karena ukuram muffler yang kecil. Knalpot standart dapat dibobok untuk meningkatkan performa motor. Penggantian dengan knalpot free flow,juga menambah performa motor ,meskipun suaranya sedikit berisik.

Demikian sedikit trik untuk para bikers yang ingin menambah performa tunggangannya tapi dengan biaya yang relative lebih murah. Semoga bermanfaat, Salam Bikers …

21 comments:

  1. keren sob... artikel yang mencerdaskan he he.

    ReplyDelete
  2. sekalian gan porting polish sebelum ganti knalpot
    nice article sob :D

    ReplyDelete
  3. ada tau tempat rombak silinder head (kepala babi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ,coba tanya ke bengkel tempat langganan agan :D

      Delete
  4. jika di ganti spuyer lebih besar tapi mesin standar bagaimana ,, apaka mesin tetap labil

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap stabil dengan sedikit settingan gan

      Delete
  5. merinding.. kalo liat karbu gede

    ReplyDelete
  6. Bang ukuran yang tepat porting noken nya berapa ya...

    ReplyDelete
  7. mantab, oh ya mas, mau tanya nih, misal motor metic caranya apakah sama?

    ReplyDelete
  8. gan kalo motor jupiter z pake seher scorpio z aman gak ya :D ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk race sih tidak apa-apa ,malah mantab ,tapi untuk harian, bisa jebol tuh mesin gan :D

      Delete
  9. Kalau buat bubut noken kira kira brapa mili untk menghasilkan yang ok

    ReplyDelete
  10. Gan numpang tanya tanya rx king saya selalu ngelitik kaya ada yg natap di cylinder head nya knapa ya? Padahal udah di pakein shell yetep ngelitik kaya ada natap di head nya

    ReplyDelete

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih