CARA / TRIK MEMBUAT
MOTOR KENCANG
Semua bikers pasti menginginkan
motornya kuat ,bandel ,gesit dan kencang larinya. Tapi untuk mendapatkan motor
dengan kekuatan dan akselerasi yang mantab pastilah membutuhkan biaya yang
tidak murah untuk memodifikasi ,baik bore
up maupun tune up.
Memodifikasi motor untuk
mendapatkan performa tinggi bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang lumayan
murah. Akan tetapi apabila masih ragu ,para bikers dapat membawa motor
kesayangan ke bengkel langganan.
1.
Karbulator
Kalau ingin motor kencang bisa
digunakan alternative mengganti karbulator dengan ukuran yang lebih besar dari
standarnya. Kalau ingin lebih murah ,bisa dengan mengganti spuyer saja dengan
ukuran lebih besar juga dr standarnya. Motor bawaan pabrik respon awalnya sangat
galak tapi untuk ngebut sangat sulit ,itu disebbkan spuyer yang dipakai
berukuran kecil sehingga pasokan bensin ke dapur pacu kurang maksimal.
Penggantian spuyer juga jangan asal-asalan ,bukan kencang lari motor kita
,malah tersendat-sendat atau mbrebet.
2.
System Pengapian
Perombakan di system pengapian
dapat dilakukan dengan mengganti CDI standart dengan CDI Racing. Sudah banyak
CDI Racing beredar dengan berbagai merek ,produk luar dan dalam negeri
dipasaran. System pengapian dapat diganti dengan menggeser pengapian. Menggeser
pengapian dilakukan dengan caramelepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubangnya.
3.
Camsaft / Noken As
Bagian ini sangat berperan penting
terutama untuk motor 4tak sedangkan untuk mesin 2tak ditentukan oleh porting.
Noken As berfungsi untuk mengatur keluar
masuknya bahan bakar yang akan diproses
di dapur pacu sehinga menghasilkan power pada mesin. Bagian ini sangat
sensitive ,apabila salah korek ,motor gak bisa lari !! bikers dapat mengganti
bagian ini dengan Noken As Racing atau dengan membubutnya.
4.
Knalpot
Knalpot merupakan bagian pembangan
mesin. Penggunaan knalpot standart akan menghambat jalur keluar gas hasil
pembakaran karena ukuram muffler yang kecil. Knalpot standart dapat dibobok
untuk meningkatkan performa motor. Penggantian dengan knalpot free flow,juga menambah performa motor
,meskipun suaranya sedikit berisik.
Demikian sedikit trik untuk para
bikers yang ingin menambah performa tunggangannya tapi dengan biaya yang
relative lebih murah. Semoga bermanfaat, Salam Bikers …
keren sob... artikel yang mencerdaskan he he.
ReplyDeleteterima kasih :D
Deletespeed lover ya ? :D
sekalian gan porting polish sebelum ganti knalpot
ReplyDeletenice article sob :D
terima kasih gan masukannya :D
Deleteada tau tempat rombak silinder head (kepala babi)
ReplyDeletewah ,coba tanya ke bengkel tempat langganan agan :D
Deletejika di ganti spuyer lebih besar tapi mesin standar bagaimana ,, apaka mesin tetap labil
ReplyDeletetetap stabil dengan sedikit settingan gan
Deletegaz truz
ReplyDeleteampe mampuzzz
:)
merinding.. kalo liat karbu gede
ReplyDeletekayak liat pocong aja gan :D
Deleteblar.. blar.. blar..
ReplyDeleteworr worr worr :D
DeleteBang ukuran yang tepat porting noken nya berapa ya...
ReplyDeletemantab, oh ya mas, mau tanya nih, misal motor metic caranya apakah sama?
ReplyDeletesama gan :D
Deletegan kalo motor jupiter z pake seher scorpio z aman gak ya :D ???
ReplyDeletekalau untuk race sih tidak apa-apa ,malah mantab ,tapi untuk harian, bisa jebol tuh mesin gan :D
Deletemasalah piston nya gmna?
ReplyDeleteKalau buat bubut noken kira kira brapa mili untk menghasilkan yang ok
ReplyDeleteGan numpang tanya tanya rx king saya selalu ngelitik kaya ada yg natap di cylinder head nya knapa ya? Padahal udah di pakein shell yetep ngelitik kaya ada natap di head nya
ReplyDelete