Friday 16 November 2012

PENYEBAB MOTOR GOYANG SAAT DIKENDARAI / "NYERONG"


Para Bikers mungkin pernah merasakan saat mengendarai motor terasa tidak stabil atau tidak nyaman karena adanya goyangan ke kiri dan ke kanan jika dalam keadaan jalan lurus. Apa penyebabnya? Nah untuk mengetahui penyebab motor tidak stabil, ada baiknya untuk mengecek 4 hal berikut ini.

1. Anda harus mengecek kondisi pelek. Karena pelek merupakan piranti yang berhubungan langsung dengan jalan. Biasanya masalah utama tidak stabillnya motor saat dikendaran berasal dari pelek yang bengkok. Pelek bengkok ini biasanya terjadi karena pengendara pernah menghantam lubang yang dalam. Pelek bengkok itu sangat mempengaruhi handling dan kenyamanan. Ada baiknya jika sudah bengkok sedikit langsung diperbaiki atau langsung disetel peleknya.

 2. Periksa komstir yang ada di sumbu antara segitiga garpu depan. Komstir ini merupakan perangkat penting dalam pengendalian motor. Biasanya rusaknya kostir itu seperti sudah goyang, kasar dan susah dibelokan. Ini karena faktor umur komstir tersebut yang sudah lama. Kalau komstir biasanya jarang diperbaiki. Jika sudah terjadi masalah ada baiknya langsung menggantinya.

3. Periksa segitiga pada setang motor Anda yang menghubungkan antara stang dengan shockbreaker. Biasanya suka terjadi ketidaksejajaran antara garpu kiri dan kanan. Periksa dengan cara melepas segitiga lalu menempelkannya di atas kaca. Nah di situ biasanya suka keliatan kalau garpunya ada yang tidak rata.

4. Periksalah leher roda yang terdapat di tengah roda. Ini biasanya sangat berpengaruh terhadap ketidakstabilan motor saat berkendara. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan cara menggoyangkan roda ke kiri dan kekanan, kalau terasa goyang harus segera diganti. Ini sama seperti komstir kalau sudah rusak tidak bisa diakalin ada baiknya langsung diganti

5 comments:

  1. Ini sama ya untuk motor biasa dan metik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang ,antara motor bebek biasa sama matik gak ada perbedaan :)

      Delete
    2. kl goyangnya wkt jln kencang kira2 apanya bang

      Delete
    3. bisa jadi itu leher rodanya bang ,sudah rusak atau pecah. kemungkinan lain dikarenakan aerodinamis motor yang kurang baik ,sehingga motor goyang ketika terkena terpaan angin yang kencang

      Delete

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih