Tuesday 4 December 2012

CARA MEMBERSIHKAN TEMPURUNG LUAR HELM


Helm merupakan salah satu alat keselamatan yang wajib dipakai ketika berkendara. Tapi ,helm juga sering luput dari perawatan ,dibiarakan apa adanya. Pada pembahasan berikut ,saya akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan tempurung luar helm agar terlihat kincong dan lebih segar dipandang dengan biaya super murah tanpa harus menguras kocek untuk mencucikan helm di luaran sana. Tapi ingat ,ini hanya untuk helm standart saja ,bukan helm alay yang penuh sama stiker !! haha ,ngapain juga helm bagus-bagus ditutupi gambar amoeba gak jelas ,piss (y).


Hal pertama yang perlu disiapkan adalah : helm itu sendiri (masa punyanya tetangga) ,sikat gigi bekas ,odol/pasta gigi ,obeng untuk membuka mur-murnya ,lap chamois/kanebo ,silicon (bukan yang dipakai banci buat gedein hidung lho,wkwk) ,lap microfiber ,and so pasti air.




Langkah pertama : buka mur-mur yang ada di helm untuk mencopot tudur dan visor. Ingan ,setelah melepas semua mur ,letakan mur-mur kedalam wadah khusus agar tidah tercecer di lantai.

Setelah semua terlepas ,akan terlihat seperti gambar di bawah.

Siap-siap deh bawa helm ke sumber air terdekat untuk dimandikan. Basahi bagian luar helm dengan air ,ingat ,bagian luarnya saja.karena apabila bagian dalam helm basah ,akan berbeda lagi cara penanganannya.

Siapkan pasta gigi di atas sikat gigi bekas. Mau gosok gigi om ? wkwk .

Gosok deh tu batok helm.

Jangan lupa tudungnya.

Untuk visor ,lebih baik menggunakan tangan untuk membersihkannya. Caranya sedikit berbeda. Harus pelan ,lemah ,lembut ,dan penuh perasaan #apaan sih ,haha. Caranya dengan mengusap memutar perlahan. Ini dimaksudkan agar visor tidak lecet karena tergesek oleh debu atau kotoran yg menempel.

Setelah di sikat ,bilas kembali.

Keringkan semua part dengan lap chamois. Atau bisa juga dijemur di bawah terik matahari ,tapi jangan lama-lama ,cukup sampai kering.

Khusus untuk visor lagi ,mengeringkan dengan menggunakan lap chamois cukup dengan menepuk-nepukan lap ke visor. Jangan menggerakan memutar atau putar balik. Takut menggores visor karena masih ada kotoran yang tertinggal. Dengan menepuk-nepukan ,lap chamois akan menyerap air di permukaan tanpa takut menggoresnya.

Setelah kering ,pasang kembali part-partnya seperti semula.

Kalu ingin lebih kincloong ,semprot pake silicon. Murah kok ,di warung-warung juga banyak ,ambil contoh KIT pengkilap sachet yang harganya 1500 perak. Gosok menggunakan lap microfiber atau kain lap kering biasa sampai mengkilap.

Bersih deh tu helm .

14 comments:

  1. Makasih share nya... bermanfaat nih. Apalagi lengkap dengan foto2nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak ,bermanfaat juga artikel saya ,senang udah diapresiasi :D

      Delete
  2. Sangat 2 berguna nih...

    ReplyDelete
  3. Kalau masih ada stikernya Gmn bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada stikernya bahaya sob ,bisa rusak tuh stiker kesayangan :D tips ini untuk helm yang polos :D

      Delete
  4. kalo helm nya warna hitam metalik bisa gak gan ?

    ReplyDelete
  5. Klo bekas kayak item item gitu gmna

    ReplyDelete
  6. makasih gan lengkap bgt nih

    ReplyDelete
  7. Pusat Cover Motor dan Mobil Berkualitas - Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi

    ReplyDelete

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih