Saturday 10 November 2012

CARA KERJA MESIN MOTOR “2” TAK

­

CARA KERJA MESIN MOTOR “2” TAK

  1. Tak I (proses  masuknya gas ,pemampatan dan pembakaran gas)
a.       Piston bergerak dari TB (titik bawah) menuju TA (titik atas)
b.      Bersamaan dengan terbukanya lubang saluran masuk, maka gas dari karbulator terhisap masuk kedalam Carter (ruang Kruk As)

c.       Gas yang berada diatas piston (dalam cylinder) akan dikompresi atau dimampatkan
d.      Saat piston hamper mencapai TA, dari busi meloncat kan bunga api listrik yang tinggi untuk membakar gas yang telah dikompresi (didalam cylinder).
  1. Tak II (proses kerja ,kompresi carter, buang dan cuci atau bilas)
a.       Pinton bergerak dari TA menuju TB
b.      Gas di dalam cylinder yang telah dibakar akan berusaha mengembang lalu mendorong piston kebawah dengan disertai tenaga tekanan, lalu tekanan tersebut akan disimpan dan diubah oleh Kruk As menjadi tenaga motor.
c.       Sedang gas dalam carter akan dikompresi sehingga kita sebut dengan Kompresi Carter
d.      Kemudian lubang saluran keluar terbuka oleh piston , maka gas sisa pembakaran dengan sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yang langsung ke knalpot.
e.       Pada waktu lubang saluran telah di kompresi  didalam carter akan berusaha naik ke atas piston untuk membersihkan sisa pembakaran gas yang masih tertinggal dalam cylinder dan sekaligus gas baru tersebut memnempati ruangan cylinder  untuk kemudian dibakar dan ini terjadi  terus memnerus selama  mesin dalam keadaan hidup.

4 comments:

gunakan kata sopan ,NO SARA ,NO PORN :) terima kasih